Sabtu, 14 Januari 2017

Sistem Fender Dalam Perencanaan Pelabuhan



1.      PENDAHULUAN

Pelabuhan merupakan tempat pemberhentian (terminal) kapal setelah melakukan pelayaran. Di pelabuhan ini kapal melakukan berbagai kegiatan antara lain menaik-turunkan penumpang, bongkar muat barang, pengisian bahan bakar dan air tawar, melakukan reparasi, mengadakan perbekalan, dan sebagainya. Untuk bisa melaksanakan berbagai kegiatan tersebut pelabuhan harus dilengkapi dengan fasilitas seperti pemecah gelombang, dermaga, peralatan tambatan dan fender, peralatan bongkar muat barang, gudang-gudang, halaman untuk menimbun barang, perkantoran, ruang tunggu bagi penumpang, perlengkapan pengisian bahan bakar, dan penyediaan air bersih, dan lain sebagainya.
Kapal yang merapat ke dermaga masih mempunyai kecepatan baik yang digerakkan oleh mesinnya sendiri (kapal kecil) maupun ditarik oleh kapal tunda (untuk kapal besar). Pada waktu merapat tersebut akan terjadi benturan antara kapal dan dermaga. Walaupun kecepatan kapal kecil tapi karna massanya sangat besar, maka energi yang terjadi karena benturan akan sangat besar. Untuk menghidari kerusakan pada kapal dan dermaga karena benturan tersebut maka di depan dermaga diberi bantalan yang berfungsi sebagai penyerap energi benturan. Bantalan yang ditempatkan di depan dermaga disebut fender.
Pada waktu kapal melakukan bongkar muat barang atau selama menunggu di perairan pelabuhan, kapal harus tetap berada di tempatnya dengan tenang. Untuk itu kapal harus diikat pada alat penambat. Gerak kapal bias disebabkan oleh gelombang, arus atau angin yang dapat menimbulkan gaya tarikan kapal ke atas penambat. Alat penambat harus mampu menahan gaya tarik yang ditimbulkan oleh kapal.

2.      PENGERTIAN FENDER

Dalam perkapalan, fender adalah bumper yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermaga atau pada saat kapal yang sedang ditambatkan tergoyang oleh gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan.
Fender berfungsi sebagai bantalan yang ditempatkan di depan dermaga sehingga fender tersebut akan menyerap energi benturan antara Program kapal dan dermaga. Gaya yang harus ditahan oleh dermaga tergantung pada tipe dan konstruksi fender dan defleksi dermaga yang diijinkan. Fender juga melindungi rusaknya cat badan kapal karena gesekan antara kapal dan dermaga yang disebabkan oleh gerak karena gelombang, arus dan angin. Fender harus dipasang di sepanjang dermaga dan letaknya harus sedemikian rupa sehingga dapat mengenai kapal. Oleh karena kapal mempunyai ukuran yang berlainan maka fender harus dibuat agak tinggi pada sisi dermaga.
Dalam perencanaan fender ini harus memperhitungkan bobot kapal yang akan bersandar, frekuensi dari kapal dengan bobot kapal yang berbeda-beda tetapi dapat bersandar pada dermaga yang sama dan dengan kondisi pasang surut yang berbeda-beda pada daerah kolam pelabuhan. Setelah diketahui karakteristik kapal yang akan bersandar dan kondisi pasang surut pada daerah kolam pelabuhan, maka dapat direncanakan suatu sistem fender yang efisien dan ekonomis.

3.      TIPE - TIPE FENDER
Fender dibuat dari bahan elastis, seperti kayu atau karet. Fender kayu bisa berupa batang kayu yang dipasang di depan muka dermaga atau tiang kayu yang dipancang. Saat ini fender kayu sudah tidak banyak digunakan, mengingat harga kayu tidak lagi murah dan masalah lingkungan yang muncul dengan penebangan pohon. Kecuali untuk pelabuhan kecil di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Papua dimana masih tersedia cukup banyak kayu. Fender karet yang merupakan produk pabrik semakin banyak digunakan karena kualitasnya lebih baik dan banyak tersedia di pasaran dengan berbagai tipe.
a.      Fender Kayu
Fender kayu bisa berupa batang-batang kayu yang dipasang horizontal atau vertikal di sisi depan dermaga. Untuk fender dari kayu yang digantung pada sisi dermaga, panjang fender sama dengan sisi atas dermaga sampai muka air. Fender kayu ini mempunyai sifat untuk menyerap energi.
Sedangkan pada fender kayu yang berupa tiang pancang yang dilengkapi dengan balok memanjang (horizontal), fender tersebut ditempatkan di depan dermaga dengan kemiringan 1:24 dan akan menyerap energi karena defleksi yang terjadi pada waktu dibentur kapal. Penyerapan energi tidak hanya diperoleh dari defleksi tiang kayu, tetapi juga dari balok kayu memanjang. Tiang kayu dipasang pada setiap seperempat bentang.
Fender jenis ini makin kurang penggunaannya, karena semakin sulit mendapatkan kayu panjang.

b.      Fender Karet
Fender karet adalah produk barang jadi yang digunnakan untuk mencegah benturan langsung antara kapal dengan dinding dermaga yang dapat mengakibatkan kerusakan, baik pada sisi kapal yang langsung bersandar maupun sisi dermaga yang menahan badan kapal. Penggunaan lainnya pada struktur dimana perlindungan akan hentakan dan benturan diperlukan seperti, warehouse (gudang) dan sebagainya. Sesuai dengan fungsi dan fender harus mampu mengabsorbsi energinya, benturan yang tinggi dengan gaya reaksi yang relative rendah serta melibatkan perhitungan terhadap jenis/berat kapal, kecepatan dan sudut sandarnya.
Saat ini fender karet banyak digunakan pada pelabuhan. Fender karet diproduksi oleh pabrik dengan bentuk dan ukuran berbeda tergantung pada pabrik pembuat fender yang memberikan karakteristik fender yang diperoduksinya. Fender dengan tipe yang sama tetapi diperoduksi oleh pabrik yang berbeda bisa mempunyai karakteristik yang berbeda.
Berikut beberapa tipe-tipe karet fender, yaitu:
1.      Fender ban bekas mobil
Bentuk paling sederhana dari fender karet adalah ban-ban bekas mobil yang dipasang pada sisi depan disepanjang dermaga. Fender ban mobil ini digunakan pada dermaga untuk merapat kapal-kapal kecil. Karena tekanan kapal pada waktu merapat, ban mobil akan mengalami defleksi dan menyerap energi benturan.
2.      Fender tipe A
Gambar 2. Adalah fender tipe A yang dipasang pada dermaga dengan menggunakan baut. Karakteristik fender tersebut diberikan oleh pabrik pembuatnya seperti ditunjukan gambar 3. Dan tabel 1. Gambar 4 menunjukan hubungan antara defleksi dan gaya reaksi serta defleksi dan energi yang diserap fender A dengan tipe KAF 400H x 1000L. dalam perencaaan system fender, tipe dan ukuran fender dipilih berdasarkan energi yang ditimbulkan oleh benturan kapal. Nilai-nilai tersebut berada diantara kedua nilai batas atas dan bawah tersebut. Tabel 1 adalah gaya dan energi yang diserap untuk berbagai ukuran fender tipe A pada defleksi 45%.



                               Gambar. Fender Tipe A

3.      Fender tipe V
Fender tipe V adalah jenis fender yang telah dioptimalkan untuk peningkatan penyerapan energi untuk gaya reaksi rasio. Fender tipe V mempunyai bentuk serupa dengan fender A, seperti terlihat pada gambar.



                              Gambar. Fender Tipe V

4.      Fender tipe D
Fender tipe D memiliki gaya reaksi, dengan penyerapan yang lebih tinggi biasa digunakan untuk frame dermaga dan kapal-kapal yang lebih kecil karena lebar kebawah.



Gambar. Fender Tipe D
5.      Fender tipe sel
Fender tipe sel adalah fender dengan kekuatan reaksi rendah dan kemampuan penyerapan energi yang tinggi. Karet fender sel dilengkapi dengan fronal frame. Produk tersebut memiliki karakteristik penyerapan tenaga yang lebih tinggi, dan sangat handal untuk penggunaan di dermaga/ pelabuhan dengan kapal besar. Fender tipe sel ini dipasang pada sisi depan dermaga dengan menggunakan baut. Sisi depan fender dipasang panel contact. Karakteristik fender tersebut diberikan oleh pabrik pembuatnya.


Gambar. Fender Tipe Sel

6.      Fender tipe silinder
Fender tipe silinder adalah salah satu system fender sederhana yang digunakan seabgai bantalan tempat kapal berlabuh. Fender dengan desain ini  dapat digunakan dengan fleksibel dan mudah dalam pemasangannya. Fender tiper silinder ini sudah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pelindung kapal dan dermaga. System karet fender dermaga tipe silinder ini merupakan system yang paling umum digunakan diseluruh dunia. Tipe silinder ini memiliki fisik yang tebal, kuat, dan dapat melindungi kapal dari abrasi/aus. Seperti jenis fender karet lainnya, fender tipe silinder ini juga memiliki gaya reaksi yang lebih rendah daripada tingkat energinya. Fender jenis ini diproduksi oleh proses pencetakan kompresi di bawah dan suhu tinggi yang dapat menghasilkan senyawa karet homogen yang tidak berpori, sehingga meningkatkan kemampuan dari karet fender dermaga jenis ini.
Karet fender tipe silinder ini memiliki bentuk desain silinder berongga yang dapat diproduksi dengan ukurran yang fleksibel dengan kombinasi antara ukuran panjang dan diameternya. Ukuran ini ditentukan sesuai dengan berbagai persyaratan dan kebutuhan. Karet fender tipe silinder ini umumnya diproduksi dengan ukuran diameter luar  15 cm hingga 2,6 m.
Fender tipe silinder memiliki reaksi yang progresif sehingga cocok digunakan pada pelabuhan tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal baik untuk kapal besar dan kapal kecil. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu system fender yang paling umum digunakan untuk sarana dermaga dan kelautan.
Daya tahan fender ini umumnya akan bergantung pada keadaan lingkungan alam disekitarnya seperti: suhu, dampak lapisan ozon, intensitas cahaya matahari, polusi, kadar garam, air, minyak, jenis kapal, frekuensi kapal yang berlabuh.
Ada berbagai metode untuk pemasangan atau instalasi karet fender demaga tipe silinder ini. Salah satunya dengan cara sederhana yaitu dengan memassangnya dengan menggunakan pengikat rantai.
Proses pemasangan karet fender tipe silinder aga sederhana dan dapat diinstal secara vertikal, horizontal atau diagonal juga dan tentunya disesuaikan dengan kondisi dermaga atau pelabuhan beserta posisi kapal yang akan berlabuh. Selain dipengaruhi oleh ukuran karet fender tipe silinder tersebut, proses pemasangan ini tergantung juga dengan model dan bentuk dari karet fender tipe silinder yang akan dipasang. Umumnya proses pemasangan ini menggunakan kombinasi bantalan logam baja dengan rantai, atau hanya dengan rantai saja.
Berikut adalah beberapa nilai tambah yang dimiliki oleh karet fender tipe silinder:
·         Merupakan jenis atau tipe karet fender serbaguna dan paling umum digunakan diseluruh dunia.
·         Memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan jenis karet fender dermaga lainnya ( Membutuhkan biaya relative rendah).
·         Proses instalasi sederhana.
·         Memiliki variasi ukuran yang banyak.
·         Mudah perawatannya.
·         Memiliki kinerja yang tinggi dan sangat tahan lama.
·         Digunakan disemua jenis dermaga atau pelabuhan.
·         Memiliki gaya reaksi lebih besar dibandingkan jenis karet fender modern yang lainnya.
·         Memiliki ketahanan abrasi yang tinggi.


        Gambar. Fender Tipe Silinder
c.       Fender Gravitasi
Fender grafitasi yang digantung sepanjang dermaga dan dibuat dari tabung baja yang diisi dengan beton dan sisi depan diberi pelindung kayu dengan berat 15 ton.
      Apabila terbentur kapal, fender akan bergerak kebelakang dan keatas, sehingga kecepatan kapal dapat dikurangi, karena untuk menggerakan kebelakang dibutuhkan tenaga yang cukup besar.

4.      PERENCANAAN FENDER
Fungsi utama dari system fender adalah untuk mencegah kerusakan pada kapal dan dermaga pada waktu kapal merapat ke dermaga. Pada waktu kapal merapat dan bertambat di dermaga terjadi benturan gesekan dan tekanan antara kapal dan dermaga. Gaya-gaya yang timbul pada waktu penambatan kapal adalah benturan kapal, gesekan antara kapal dan dermaga dan tekanan kapal pada dermaga. Gaya-gaya tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kapal dan struktur dermaga. Untuk mencegah kerusakan tersebut di depan sisi dermaga dipasang fender yang dapat menyerap energi benturan. Jumlah energi yang diserap dan gaya maksimum yang diteruskan pada struktur dermaga digunakan untuk menentukan jenis dan ukuran fender.
Beberapa factor yang mempengaruhi pemilihan tipe fender adalah kondisi gelombang, arus dan angin, ukuran kapal, kecepatan dan arah kapal pada waktu merapat ke dermaga, keberadaan kapal tunda untuk membantu penambatan, tipe dermaga, dan juga ketrampilan nahkoda kapal.

3 komentar: